Jumat, 06 November 2009

Tips Memilih Hardisk


"Pintar memilih computer"

Pada umumnya orang tidak mengerti betul apa itu Hardisk (HDD) ini secara detail, mereka hanya tahu space atau ukuran serta mereknya saja, namun tidak melihat hal-hal lainya. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih atau membeli media storage yang satu ini.

1. Ukuran (Size)
Ukuran HDD yang menjadi standart pasar sekarang ini sekitar 80-160 GB, namun jika data yang diperlukan sangat banyak misal untuk menyimpan file Auditing, disarankan untuk memilih kapasitas yang lebih besar.

2. PATA atau SATA
Apabila motherboat suport SATA (motherboart sekarang ini semua sudah mendukung SATA) disarankan untuk memilih HDD SATA (serial ATA) daripada PATA (Parallel ATA) karena beberapa faktor diantaranya, kecepatan transfer HDD SATA yang lebih cepat (150MB per detik) dan kabel yang digunakan HDD SATA lebih kecil sehingga air flow di dalam casing PC tidak terganggu.

3. Speed atau kecepatan putar (RPM)
Hard Disk (piringan keras) ini diputar oleh motor dengan kecepatan tertentu, semakin cepat putaran motor tentu saja kecepatan baca juga semakin cepat. RPM (rotation per minute) HDD standrat 7200rpm ada juga yang 10.000 rpm.

4. Buffer Memory
Banyak pembeli HDD yang sering mengabaikan hal ini. Mengapa hal tersebut sangat diperlukan ?. Sebelum data HDD di kirim ke Memory utama untuk diproses, data-data tersebut selalu masuk dahulu ke Buffer Memory (seperti RAM) yang terdapat pada controller HDD. Hal ini dilakukan untuk mencegah antrian yang panjang dalam membaca HDD. Semakin besar ukuran Buffer yang terdapat pada HDD, maka akan semakin baik atau cepat pembacaan penulisan data. Untuk mengetahui Ukuran buffer dan detailnya HDD gunakan tools Tun Up hardisk.

5. Garansi
Hal yang satu ini nggak kalah pentingnya. Pilih HDD yang garansi paling lama, rata-rata sekarang ini HDD garansinya 2-3 tahun, ada juga yang garansi dengan recovery datanya.









Bookmark and Share




Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tak kopy ntok tah g???

Posting Komentar

Isikan Komentar Anda...!!!

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

Forum TKJ SMK Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha, The Blog Full of Games